Hubungan Psikologi Perkembangan dan
Pendidikan
Anak Usia Dini
Menurut
Desmita (2013 : 3) Psikologi perkembangan adalah cabang dari psikologi yang
mempelajari secara sistematis perkembangan perilaku manusia secara ontogenik,
yaitu mempelajari proses-proses yang mendasari perubahan yang terjadi didalam
diri, baik perubahan dalam struktur jasmani, perilaku, maupun fungsi mental
manusia sepanjang rentang hidupnya (life
span), yang biasanya dimulai sejak konsepsi hingga menjelang mati.
Menurut
Suyadi, Maulidya (2012 : 17) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ialah pendidikan
yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan
perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada pengembangan seluruh
aspek kepribadian anak. PAUD memberikan kesempatan kepada anak untuk
mengembangkan kepribadian dan potensi secara maksimal.
Hubungan antara psikologi
perkembangan dan pendidikan anak usia dini, yaitu dilihat dari pengertian
psikologi perkembangan dan juga pendidikan anak usia dini bisa diambil
kesimpulan bahwa hubungan keduanya tidak dapat dipisahkan, karena dengan adanya
lembaga pendidikan anak usia dini maka kita bisa mengetahui perubahan apa saja yang
terjadi pada anak baik fisik, perilaku maupun proses mentalnya. Dengan demikian
kita bisa memberikan pendidikan yang sesuai dengan kemampuan anak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar