Rabu, 23 November 2016

Hubungan Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini



Hubungan Psikologi Perkembangan dan Pendidikan
 Anak Usia Dini

Menurut Desmita (2013 : 3) Psikologi perkembangan adalah cabang dari psikologi yang mempelajari secara sistematis perkembangan perilaku manusia secara ontogenik, yaitu mempelajari proses-proses yang mendasari perubahan yang terjadi didalam diri, baik perubahan dalam struktur jasmani, perilaku, maupun fungsi mental manusia sepanjang rentang hidupnya (life span), yang biasanya dimulai sejak konsepsi hingga menjelang mati.
Menurut Suyadi, Maulidya (2012 : 17) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ialah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada pengembangan seluruh aspek kepribadian anak. PAUD memberikan kesempatan kepada anak untuk mengembangkan kepribadian dan potensi secara maksimal.
Hubungan antara psikologi perkembangan dan pendidikan anak usia dini, yaitu dilihat dari pengertian psikologi perkembangan dan juga pendidikan anak usia dini bisa diambil kesimpulan bahwa hubungan keduanya tidak dapat dipisahkan, karena dengan adanya lembaga pendidikan anak usia dini maka kita bisa mengetahui perubahan apa saja yang terjadi pada anak baik fisik, perilaku maupun proses mentalnya. Dengan demikian kita bisa memberikan pendidikan yang sesuai dengan kemampuan anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar